4 Air Terjun Paling Indah Sekaligus Berbahaya di Dunia

4 Air Terjun Paling Indah Sekaligus Berbahaya di Dunia - Alam mempunyai bagitu banyak ragam keindahan yang tersimpan didalamnya. Mulai dari gunung, danau, laut, hutan hingga ir terjun yang kian menegaskan betapa sempurnanya ciptaan Tuhan.

Salah satu fenomena alam yang akan selalu menjadi daya tarik adalah air terjun. Ya, air terjun terbentuk secara alami tanpa adanya campur tangan manusia memiliki magnet daya tarik tersendiri dan membuat banyak orang ingin mengunjunginya.

Fenomena air terjun nyatanya mampu menghipnotis manusia yang membuat mata seakan tak lelah untuk memandanginya. Dan tidak jarang, air terjun yng mengalir dari ketinggian menghadirkan pelangi yang sangat indah.

Di belahan dunia, sangat banyak sekali air terjun yang terbentuk secara alamiah, mulai dari air terjun terindah, terunik, terkenal hingga air terjun terbesar dan tertinggi di dunia. Tapi, tidak semua air terjun bisa dinikmati secara langsung, ada beberapa lokasi air terjun yang indah tidak bisa diakses karena faktor lokasi dan juga debit air yang dihasilkan bisa saja akan jadi sangat berbahaya bagi manusia jika dikunjungi dari dekat.

Berikut ini ada beberapa air terjun yang sangat indah namun juga sangat berbahaya yang ada di dunia. Mari kita bahas satu per satu dibawah ini.

1. Angel Falls, Air Terjun Tertinggi di Venezuela

Angle Falls adalah salah satu air terjun yang sangat indah di dunia dan sekaligus sebagai air terjun tertinggi di dunia. Air terjun yang masuk dalam kawasan taman nasional Canaima Bolivar, Venezuela ini berketinggian nyaris 1 km lebih tepatnya 979 meter. Dengan ketinggin tersebut, bisa dibayangkan bagaimana keindahan panorama alam yang tawarkan air terjun ini.

4 Air Terjun Paling Indah Sekaligus Berbahaya di Dunia

Namun, disamping keindahan yang dimilikinya, Angel Falls tidak bisa dinikmati secara langsung atau dari dekat oleh pengunjung. Faktor lokasi dan derasnya air yang mengalir menjadi alasannya. Meskipun begitu, air terjun yang menjadi salah satu ikon wisata Venezuela ini tak pernah bosan dikunjungi banyak orang meski hanya bisa melihatnya dari kejauhan.

2. Tugela Falls, Air Terjun Yang Sangat Indah di Afrika Selatan

Afrika terkenal sebagai negara yang menjadi surganya para hewan. Namun, tidak hanya itu saja, Afrika juga mempunyai daya tarik lain tentunya. Salah satunya adalah air terjun yang sangat indah dan banyak dikunjungi.

4 Air Terjun Paling Indah Sekaligus Berbahaya di Dunia

Air terjun tersebut bernama Tugela yang konon katanya merupakan air terjun tersembunyi di daratan Afrika. Air terjun Tugela sendiri terletak di Afrika Selatan tepatnya didalam kawasan Drankesberg, Royal Natal National Park, Kawazulu.

Air terjun Tugela memiliki tinggi mencapai 948 meter, dinamakan Tugela karena air terjun ini sumbernya berasal dari sungai Tugela.

Disamping keindahan yang dimiliknya, air terjun Tugela ternyata sangat berbahaya. Lagi-lagi, alasan lokasi dan debit air yang mengalir membuat air terjun ini akan sangat sulit untuk dilihat dari dekat. Karena itu, para pengunjung hanya bisa menikmati air terjun kebanggaan Afrika ini dari kejauhan saja.

Namun, meski berbahaya, pemerintah setempat tetap membuka jalur khusus untuk memudahkan pada pengunjung yang sangat ingin menyaksikan keindahan air terjun Tugela dari dekat.

3. Ramnesfjellsfossen Falls, Air Terjun Bertingkat di Norwegia

Air terjun yang mengalir di dinding batu ini terlihat sangat indah. Air terjun Ramnesfjellsfossen mempunyai ketinggian mencapai 818 meter. Air yang mengalir dari air terjun Ramnesfjellsfossen ini akan mengalir ke danau Lovatnet yang berada didekatnya.

4 Air Terjun Paling Indah Sekaligus Berbahaya di Dunia

Meski indah, air terjun Ramnesfjellsfossen juga sangat berbahaya. Lokasi yang curam dan debit air yang deras tidaklah bersahabat bagi pengunjung yang ingin melihat fenomena alam ini dari dekat. Apalagi air terjun ini mengalir secara bertingkat, maksudnya air yang mengalir tidak langsung mengalir kebawah seperti air terjun kebanyakan, melainkan jatuh melalui beberapa tingkatan air terjun.

Tapi sayangnya, air terjun Ramnesfjellsfossen tidak bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai pembangkit listrik karena kondisi alam dan terpecahnya air yang jatuh dari atas menjadi beberapa aliran membuatnya tidak bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan energi listrik.

4. Gocta Cataracts Falls, Air Terjun Bertingkat di Peru

Selain Norwegia, Peru juga mempunyai air terjun bertingkat yang juga sangat terkenal akan keindahan panorama alamnya dan juga sangat berbahaya untuk dilihat dari dekat. Air terjun tersebut bernama Gocta Cataracts yang memiliki ketinggian mencapai 771 meter.

4 Air Terjun Paling Indah Sekaligus Berbahaya di Dunia

Sama seperti air terjun Ramnesfjellsfossen yang ada di Norwegia, air terjun Gocta Cataracts juga jatuh tidak langsung kebawah tapi melalui beberapa tingkatan sebelum akhirnya jatuh kebawah. Air terjun Gocta Cataracts menjadi sumber air utama bagi sungai Cocahuayco yang merupakan sungai paling terkenal di Peru.

Air terjun Gocta Cataracts dulunya tidak begitu terkenal dan hanya dimanfaatkan oleh penduduk sekitar wilayah chachapoyas amazon saja sebelum sebuah ekspedisi yang dilakukan oleh petualang Jerman yang bernama Ziemendorff dengan sekelompok penjelajah alam Peru yang mengekspos keindahan yang dimiliki oleh air terjun Gocta Cataracts ini.

Sehingga pada tahun 2005, air terjun Gocta Cataracts menjadi sangat terkenal di Peru bahkan dunia. Dan hingga saat ini air terjun Gocta Cataracts menjadi salah satu tempat wisata paling terkenal di Peru.

Suka Artikel Yang Ada di Blog Ini?

Daftarkan email kamu dan dapatkan update artikel terbaru dari kami setiap hari! GRATIS !!!

Disclaimer : artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini sebagian dikutip dari berbagai sumber. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Di sini