6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu - Suku Eskimo adalah suku yang hidup di Kutub Utara. Suku Eskimo terkenal dengan orang-orangnya yang kuat bertahan hidup dengan suhu jauh dibawah 0⁰C bahkan hingga mencapai -45⁰C.

Bagaimana cara suku Eskimo mampu bertahan hidup dengan suhu yang sangat ekstrim tersebut? Lalu apa fakta-fakta menarik yang tidak banyak diketahui orang tetang suku Eskimo? Dikutip dari beberapa sumber, inilah beberapa fakta unik dan menarik tentang suku Eskimp yang tidak banyak diketahui orang:

1. Kehidupan Suku Eskimo

Orang Eskimo hidup secara berkelompok. Dalam satu kelompok, jumlah mereka bisa lebih dari 100 orang. Orang Eskimo juga sangat sayang kepada anak-anak mereka. Bagi mereka, anak adalah seagalanya yang tak akan bisa digantikan dengan apa pun. Saking cintanya, morang-orang Eskimo  jarang sekali menghukum anak-anak mereka. Orang Eskimo lebih suka hidup hidup secara nomaden atau berpindah-pindah tempat. Tapi tidak semua, masih ada juga sebagian orang suku Eskimo memilih menetap disuatu tempat saja.

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Fakta menarik lainnya dari suku yang mayoritas masyarakatnya termasuk dalam ras Mongoloid ini adalah karena dinginnya suhu di kutub utara membuat orang Eskimo jarang mandi. Selain karena dingin, jarangnya mereka mandi juga karena di daerah kutub utara kuman dan bakteri sulit berkembang biak. Cara mandi orang Eskimo nyatanya berbeda dengan cara mandi orang pada umumnya yang menggunakan air. orang Eskimo mandi hanya dengan mengusapkan kain ke seluruh tubuh mereka.

2. Pemakaman di Es dan Kepercayaaan Suku Eskimo

Orang Eskimo percaya jika manusia atau pun binatang yang meninggal punya jiwa yang tetap hidup di dunia lain. Karena itulah, jenazah yang akan dimakamkan dibungkus dengan kulit hewan dan diletakkan di tundra. Kemudian, tempat tundra tadi diberi batu yang diletakkan secara berkeliling.

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Jasad-jasad yang sudah mati di kutub utara baik manusia ataupun binatang kemungkinan besar masih dalam kondisi utuh, Hal ini dikarenakan bakteri pengurai sulit berkembang biak disana sehingga tidak ada yang mengurai jasad yang sudah mati tersebut.

Seperti halnya suku lainnya di bumi yang punya tradisi dan kepercayaan, begitu juga dengan orang Eskimo. Mereka percaya jika di setiap kelompok pasti ada laki-laki yang bisa berkomunikasi dengan roh. Orang tersebut dinamakan dengan angatkuq atau oleh orang kulit putih disebut shaman.

3. Bertahan Hidup dengan Cara Beternak dan Bercocok Tanam

Meski diepenuhi dengan tumpukan es, nyatanya di kutub utara juga terdapat tanah. Tanah ini hanya akan terlihat saat musim panas tiba. Pada saat itulah suku Eskimo memulai bercocok tanam. Selain bercocok tanam, orang suku Eskimo juga beternak domba. Terkadang mereka juga memancing dan berburu hewan besar seperti beruang kutub.

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Senjata yang digunakan oleh orang Eskimo untuk berburu disebut kakivak. Uniknya adalah tidak hanya laki-laki yang berburu, kaum perempuan suku Eskimo juga ikut berburu dan mempunyai senjata sendiri pula yang bernama Ulu. Sebagian besar senjata yang digunakan oleh orang Eskimo terbuat dari bagian tubuh hewan buruan mereka seperti tulang belulang.

4. Pakaian Berlapis Anti Dingin

Suku Eskimo membuat pakaian berlapis untuk bertahan di cuaca yang super dingin. Pakaian suku Eskimo terbuat dari kulit binatang dengan gaya yang berbeda-beda di tiap daerah.

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Meski berbeda tapi pembuatan baju berlapis ini sama di tiap daerah. Yaitu terdiri dari dua lapisan, di mana lapisan pertama yang ada bulunya diletakkan di bagian dalam dan lapisan kedua bagian bulunya diletakkan di bagian luar. Udara di antara dua lapisan inilah yang mampu memberikan kengatan pada tubuh pemakainya.

5. Rumah Berkubah dari Es

Karena saat musim dingin di kutub utara hanya putih sejauh mata memandang yang artinya hampir tak ditemukan tanah di sana, maka rumah-rumah orang Eskimo juga terbuat dari es. Rumah es dengan atap berbentuk kubah ini bernama Igloo.

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Igloo berbentuk setengah lingkaran dengan pintu membulat. Meski terbuat dari es, Igloo adalah rumah yang kokoh karena dibangun dengan konstruksi yang kuat dan es yang tak mudah cair. Menariknya, didalam Igloo sangatlah hangat karena rumah ini tak terpengaruh dengan udara dingin di luar. Sayangnya, Igloo dibangun hanya saat musim dingin akan datang.

6. Punya Banyak Nama untuk Salju

Es dan salju tidak bisa dipisahkan dari kehidupan orang-orang Eskimo. Karena itulah ada lebih dari 50 nama untuk salju yang mereka ketahui. Sebagian besar nama-nama ini disesuaikan dengan fungsi salju tersebut.

6 Fakta Menarik Tentang Suku Eskimo Yang Tidak Banyak Orang Tahu

Seperti salju yang baik untuk berseluncur bernama piegnatoq, salju yang lunak dan mudah longsor dinamakan aqilatoq, dan masih banyak nama lainnya. Bagi orang Eskimo, nama tiap salju sangat penting, karena mereka hidup berdampingan dengan salju.

Bertahan hidup di daerah dengan suhu -45⁰C memang bukanlah hal yang mudah. Tapi orang-orang Eskimo punya cara khas untuk menghadapi keadaan ekstrim tersebut. Bahkan dingin sudah menjadi bagian dari hidup mereka. Luar biasa bukan?

sumber : viva.co.id

Suka Artikel Yang Ada di Blog Ini?

Daftarkan email kamu dan dapatkan update artikel terbaru dari kami setiap hari! GRATIS !!!

Disclaimer : artikel, gambar ataupun video yang ada di blog ini sebagian dikutip dari berbagai sumber. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Di sini